Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

10 Kelebihan, Fakta dan Perbedaan Android dan iPhone Paling Lengkap

Sudah banyak sekali orang yang berdebat mana yang lebih baik serta menjelaskan perbandingan dan perbedaan android dan iPhone di indonesia maupun di luar negeri. Perdebatan tak akan pernah berkahir, karena di smartphone Android dan iPhone memang memiliki kelebihan tersendiri. Oleh karena itu, di artikel ini akan dijelaskan apa saja kelebihan, fakta dan perbedaan antara android dan iPhone. Berikut dibawah ini adalah perbedaan dan Android iPhone paling lengkap dan mendasar:

10 Perbedaan Android dan iPhone yang Harus Kamu Ketahui

1. Aplikasi di iPhone Jarang Terjadi Crash Dibanding Android

Munurut dari kebanyakan pengguna iPhone, aplikasi yang terdapat di iPhone sangat jarang sekali terjadi crash, macet, dan rusak. Jika dibandingkan dengan android, meskipun android tersebut keluaran terbaru dan aplikasinya juga sudah yang terbaru, jika terjadi crash pada aplikasi banyak dianggap penggunanya hal yang wajar. Hal tersebut karena memang aplikasi yang macet di Android tidak sesering terjadi pada iPhone.

2. Tampilan di iPhone tidak bisa disesuaikan secara bebas seperti di Android

Jika kamu pengguna android, pasti kamu pernah melakukan personalisasi tampilan di android. Dan jika kamu berpindah ke iPhone, kamu akan merasa sangat berbeda karena di iPhone sangat membatasi personalisasi tampilan jika dibandingkan dengan android.

Berikut ini adalah fitur yang disediakan oleh iPhone untuk personalisasi tampilan di beranda / layar awal:

  • Dapat memilih gambar dengan bebas untuk wallpaper
  • Membuat folder dan memasukkan aplikasi ke dalam folder
  • Mengatur urutan ikon aplikasi

Fitur diatas sangat berbanding jauh jika dibandingkan dengan android. Di android kamu dapat dengan bebas mengatur tampilan agar lebih menarik. Jika kamu dulunya pengguna android dan kini menjadi pengguna iPhone, mungkin kamu akan merindukan fitur di android dibawah ini:

  • Mampu menambahkan widget yang sangat bermacam-macam
  • Kumpulan tema yang dapat dipasang dan diganti di tampilan android
  • Dapat menggunakan launcher yang berbeda-beda

3. App Store lebih tertata dibandingkan Google Play Store

Google Play Store di Android sudah melakukan peningkatan untuk mempermudah navigasi dan membuat perubahan secara signifikan selama tahun terakhir ini. Namun, jika dibandingkan dengan App Store Apple mungkin lebih unggul. Karena di App Store kamu dapat melihat beberapa genre lagu dan tangga lagu teratas yang lebih tertata. Tetapi keunggulan tersebut tidak terlampau jauh, karena Google Play Store kini lebih mudah digunakan karena sudah melakukan peningkatan navigasi.

4. Aplikasi Berbayar di iPhone Lebih Banyak daripada di Android

Aplikasi smartphone merupakan hal yang terpenting untuk menggunakan smartphone agar lebih bermanfaat. Jika kamu membandingkan App Store dengan Google Play Store, kamu akan melihat aplikasi berbayar yang sangat banyak di dalam App Store. Hal ini dikarenakan pengguna Apple sangat berkenan untuk menghabiskan uangnya untuk aplikasi daripada pengguna Google. Namun, pada kebanyakan aplikasi untuk iOS biasanya sangat jarang muncul iklan yang menggaanggu. Tak jarang juga orang bersedia membayar aplikasi di iPhone yang sebenarnya aplikasi tersebut gratis di Android.

 

5. Aplikasi Bawaan Android Lebih Bagus daripada Aplikasi Bawaan iPhone

Cukup banyak pengguna iPhone yang merasa kurang dengan kinerja aplikasi bawaan iPhone. Seperti aplikasi Safari, Apple Maps, Foto, dan Mail, yang tidak sebagus aplikasi Google Chrome, Google Maps, Google Photos, atau Gmail. Aplikasi bawaan yang disediakan oleh Google di Android cenderung lebih bagus dan canggih. Karena itu, banyak pengguna iPhone yang masih bergantung pada aplikasi dari Google yang disebut diatas dibanding aplikasi yang ditawarkan oleh iPhone.

6. Aplikasi dari App Store lebih bagus daripada di Google Play Store Android

Apple umumnya dianggap dengan standar yang tinggi mengenai aplikasi yang dibuat melalui App Store. Karena para developer aplikasi app store diharuskan membuat aplikasi yang sesuai kriteria kegunaan dan memiliki kualitas tertentu yang sudah ditetapkan oleh Apple. Peraturan tersebut yang menyebabkan aplikasi di App Store banyak yang lebih bagus dibanding di Google Play Store.

7. iPhone Mempersulit Transfer File ke Komputer Windows

Jika kamu pengguna Mac, mentransfer file dari iPhone bukan masalah yang besar. Namun, jika kamu pengguna PC Windows, transfer file dari iPhone menjadi urusan yang sangat sulit. Berbeda dengan Android, kamu cukup menghubungkan kabel USB ke port USB pada komputer kamu. Sedangkan di iPhone, Jika kamu ingin mentransfer file musik, video atau media lainnya, kamu harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal iTunes dan menggunakannya sebagai File Explorer.

Jika kamu hanya ingin memindahkan file foto dari iPhone ke PC Windows 10, kamu dapat menggunakan fitur import yang sudah disedikan di aplikasi Microsoft Photos, atau cukup copy dan paste menggunakan File Explorer.

8. Tombol Back tidak disediakan untuk iPhone

Jika kamu pengguna iPhone yang awalnya pengguna android, kamu akan merasa tidak nyaman menggunakan tombol Back yang seharusnya selalu ada di perangkat android. Karena di iPhone tidak tombol back, dan pasti terasa aneh bagi yang sudah terbiasa menggunakannya. Memang ada tombol back disetiap aplikasi iPhone yang bisa kamu gunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya. Namun, tombol back dari Android jauh lebih nyaman karena memang disediakan tombolnya.

9. Update iOS lebih teratur di iPhone daripada update di Android

iPhone menerima pembaharuan sistem operasi secara rutin langsung dari Apple. Sedangkan perangkat Android, kamu harus menunggu dan secara bertahap menunggu konfirmasi pabrikan android itu merilis pembaharuan. Android secara resmi akan melakukan pembaharuan sistem, namun harus melalui tahap peluncuruan pembaharuan dari pabrikan android terlebih dahulu.

10. Privasi pada iPhone lebih bagus daripada Android

Apple adalah perusahaan yang terkenal tentang privasi. Meskipun iPhone dan Apple sering mengumpulkan data dan aktivitas kamu, namun selalu ada pernyataan untuk permintaan data kamu. Selain itu, beberapa tahun terakhir ramai dengan berita Apple dan FBI, bahwa Apple tidak mau menyerahkan data penggunanya ketika FBI meminta.

Sedangkan Google, kurang tertarik untuk menjaga data pribadi. Karena Google menghasilkan sebagian besar uangnya dari data penggunanya. Google mendapatkan penghasilan dengan menjual iklan yang dirancang khusus sesuai data pengguna Google. Namun, pendapatan terbesar Apple bukan berasal dari iklan, tetapi dari penjualan dari iPhone dan produk yang dijualnya.

Bagaimana Menurutmu? Apa Perbedaan Android dan iPhone yang harus diketahui?

Jika kamu barus saja bermigrasi dari android ke iPhone, kamu harus membiasakan perbedaan yang cukup jauh dari kedua produk smartphone ini. Sedangkan untuk yang masih berpikir akan berpindah, cobalah membaca artikel diatas dan pikirkan secara matang. Karena perbedaan android dan iPhone sangat jauh sekali, mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *