Ketika kita menekan tombol keyboard laptop, kita pasti berharap akan muncul kalimat yang kita ketik. Namun, bagaimana jika yang muncul hanya beberapa kata? Atau bahkan tidak ada yang muncul. Artinya ada yang salah dengan keyboard, munkin keyboard laptop rusak dan tidak berfungsi.

Tanpa keyboard yang berfungsi dengan baik, laptop akan tidak berguna. Terlebih lagi laptop tidak lah sama dengan komputer yang dengan bebas dapat keyboard keyboard yang rusak.

Perawatan laptop merupakan pekerjaan yang sangat penting. Namun, masih sedikit yang masih memperhatikan itu. Jika keyboard laptop kamu sudah rusak, inilah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak dan tidak berfungsi lagi dengan baik.

4 Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Ada 4 alasan paling umum penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik. Dan adapun penyebab tersebut memiliki solusinya masing-masing.

  1. Driver yang perlu di update.
  2. Kotoran dan debu pada keyboard laptop.
  3. Koneksi keyboard jelek.
  4. Keyboard yang memang sudah rusak.

Dari 4 penyebab kenapa keyboard laptop di berfungsi diatas, hanya nomor 3 dan 4 yang mungkin yang paling rumit. Terlebih lagi nomor 4 karena kamu harus mengganti keyboard sesuai dengan tipe laptop keyboard yang rusak. Tindakan perbaikan harus ditangani dengan ahli komputer dan dipasang kembali dengan keyboard yang sesuai agar dapat berfungsi lagi.

Sedangkan untuk penyebab keyboard laptop yang rusak tidak berfungsi nomor 1 dan 2 akan kami jelaskan cara mengatasinya di bawah ini.

1. Cara Update Driver Keyboard Laptop Yang Rusak

Cara termudah untuk memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Tidak Berfungsi adalah dengan memperbaharui driver keyboard.

Untuk melakukannya, cukup klik logo windows / start, kemudian ketik Device Manager pada kolom pencarian. Dari semua daftar yang muncul, cari menu Keyboard. Klik kanan pada menu keyboard dan pilih Properties > Driver > Update Driver.

Baca juga:  Cara Mengubah Printer Default di Windows 10 dengan Mudah

Cara Update Driver Keyboard Laptop Yang Rusak

Tunggu beberapa menit, windows akan melakukan update pada driver keyboard dan menginstalnya di laptop kamu. Setelah selesai, lakukan uji coba dengan mengetik di notepad atau di tempat lain yang dapat menerapkan fungsi keyboard. Seharusnya jika terdapat masalah dengan driver, keyboard yang rusak akan berfungsi kembali.

Namun, apakah masih tidak berfungsi? Coba pilih Uninstall Device dan tunggu driver dihapus. Setelah selesai, kamu harus restart Windows, dan menunggu driver keyboard diinstal ulang kembali di laptop kamu.

2. Membersihkan Keyboard Laptop yang Kotor

Membersihkan keyboard yang standar saja bisa dibilang pekerjaan yang tidak mudah, apalagi membersihkan keyboard laptop. Keyboard memiliki celah-celah kecil yang memudahkan debu dan kotoran masuk ke dalam nya sehingga membuat keyboard kotor dan tidak berfungsi.

Pada umumnya, orang-orang mengguncang dan mengetuk bagian belakang laptop dengan membalikkan nya agar debu dan kotoran jatuh ke bawah. Hal ini tidak apa-apa dan memang bekerja untuk membersihkan keyboard laptop yang kotor.

Namun, kamu lebih baik mengeluarkan debu dan serpihan dari keyboard laptop dengan terlebih dahulu mematikan laptop, kemudian membalikkannya dan dengan lembut mengetuk-ngetuk nya. Lakukan sentuhan jari di semua tombol saat laptop terbalik, untuk menghilangkan kotoran yang tersisa di tombol keyboard.

Jika keyboard laptop masih tidak berfungsi setelah membersihkan nya dan memeriksa driver, mungkin terdapat pada koneksi di keyboard laptop atau keyboard laptop sendiri yang bermasalah. Dan disarankan untuk mengunjungi service komputer untuk menangani masalah itu.

Bisakah Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak?

Laptop tanpa keyboard yang berfungsi sangat penghambat produktivitas, tetapi masih mungkin untuk diperbaiki. Walaupun cukup memakan waktu yang lama karena harus memastikan apakah masalah datang karena faktor perangkat lunak atau dari hardware nya.

Baca juga:  Cara Install Ulang Windows 10 dengan Mudah

Jika laptop kamu masih dalam garansi, sangat disarankan agar mengunjungi tempat garans laptop agar keybaord laptop dapat ditangani dengan baik dan terdapat jaminan keyboard laptop yang rusak akan kembali berfungsi.

Selain itu, keyboard Bluetooth dan Keyboard USB juga dapat digunakan sebagai pengganti keyboard alternatif untuk menggantikan keyboard laptop yang rusak dan tidak berfungsi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here