Pengertian Seni Budaya

Seni dan budaya adalah dua hal yang tidak akan pernah terlepas dari perkembangan manusia dari sejak dulu hingga sekarang. Seni dan budaya sendiri bahkan telah menjadi satu dengan masyarakat setempat dan menjadi bagian dari kehidupan mereka. Mengenai pengertian seni budaya sendiri para ahli memiliki pendapatnya masing-masing.

Seni merupakan sebuah ungkapan keindahan dari penciptanya yang dapat menggerakkan hati dan perasaan orang yang menikmatinya.

Pengertian Seni Budaya dari Para Ahli

Pengertian Seni Budaya dari Para Ahli

1. M. Thoyibi

Menurut M. Thoyibi, seni adalah perwujudan dari suatu rasa seni yang telah membudaya. Di dalam seni ini terkandung aspek kebudayaan serta dapat dirasakan oleh banyak orang di sepanjang sejarah peradaban dari manusia. Untuk itu seni dapat dinikmati dari awal pembentukannya hingga masa kini.

2. Harry Sulastianto

Suatu keahlian atau kemampuan untuk mengeluarkan pemikiran yang indah dan ide agar dapat menghasilkan suatu peradaban yang lebih maju merupakan makna dari seni budaya menurut Harry Sulastianto.

3. Ida Bagus Putu Perwita

Ida Bagus berpendapat bahwa seni budaya merupakan penunjang sarana untuk suatu upacara adat masyarakat.

4. Andreas Eppink

Budaya merupakan pernyataan yang bersifat intelektual dan juga artistik untuk kemudian membentuk ciri khas dari suatu masyarakat adalah makna yang diungkapkan Andreas Eppink.

5. Edward Burnett Tylor

Budaya menurut Edward Burnett Tylor merupakan keseluruhan pada suatu komplek yang mengandung berbagai aspek terkait masyarakat di dalamnya.

Baca juga:  Pengertian Seni Musik

6. C. Kluckhohn

Di dalam suatu budaya menurut C. Kluckhohn mengandung pengetahuan, kesenian, organisasi kemasyarakatan, religi, bahasa, upacara keagamaan, dan juga peralatan serta teknologi.

7. Hillary Bel

Hillary Bel melihat seni sebagai suatu hasil karya yang dapat menggerakkan hati mereka yang melihatnya. Di dalam seni bisa dikatakan terdapat sidik jari dari penciptanya karena orang dapat mengenal siapa pencipta suatu seni dari hasil karya seninya.

8. Sudarmiji

Manifestasi dari batin yang di dalamnya terkandung pengalaman estetis terkait media tertentu merupakan makna seni menurut Sudarmiji. Media tertentu yang dimaksud bisa terkait bidang, garis, warna, volume, tekstur dan gelap terangnya.

Pengertian secara umum dari seni budaya sendiri adalah hasil perkembangan dari cara hidup yang diciptakan oleh manusia yang ada di suatu kelompok. Di dalam seni budaya itu sendiri terkandung unsur berupa keindahan yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya.

Contoh dari Seni Budaya

Contoh Seni Budaya

1. Seni Rupa

Seni rupa dapat dibagi menjadi berbagai macam jenis seperti film, fotografi, lukisan hingga patung. Seni rupa memiliki makna sebagai kesenian yang diwujudkan di dalam media yang dapat dilihat oleh mata dan dapat dirasakan menggunakan rabaan. Untuk menciptakan suatu karya seni rupa akan menggabungkan elemen seperti volume, garis, titik, bentuk, bidang dan juga warna.

Secara general, seni rupa bisa diklasifikasikan ke dalam dua macam yakni seni rupa terapan serta seni rupa murni. Seni rupa murni terdiri dari kesenian asli seperti patung, lukisan, film dan lainnya. Sementara seni rupa terapan merupakan turunan dari seni rupa murni.

2. Seni Tari

Seni tari merupakan salah satu warisan dari seni budaya yang masih berkembang hingga saat ini. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan warisan seni tari dari generasi ke generasi. Pementasan seni tari kini lebih banyak digunakan untuk acara penyambutan ataupun untuk menarik wisatawan. Sementara dulunya seni tari umum digunakan sebagai bagian dari upacara ritual masyarakat.

Baca juga:  Pengertian Seni Lukis

Seni tari sendiri bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni seni tari tradisional dan modern. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Misalnya saja seni tari tradisional biasanya akan menggunakan pakaian adat tradisional saat penampilan. Sementara seni tari modern mengenakan baju biasa. Dari segi gerakan juga seni tradisional lebih sederhana namun beberapa bahkan lebih sulit untuk dilakukan.

Contoh seni tari tradisional Indonesia yang telah mendunia seperti tari reog ponorogo, tari kecak dan juga tari saman. Tari kecak merupakan tari tradisional dari Bali yang umum ditampilkan kepada para wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali. Sementara tari saman adalah jenis tari dari suku Gayo yang ada di Aceh Tenggara.

3. Seni Teater

Seni pertunjukkan yang kemudian ditampilkan di depan masyarakat di atas panggung adalah definisi umum dari seni teater. Pada seni teater, maka pergerakan manusia akan ditunjukkan secara lengkap beserta akting dan juga percakapan para pemain. Meski seni teater sudah berkembang sejak zaman dahulu, namun kesenian ini semakin ditinggalkan masyarakat dan beralih ke seni pertunjukkan modern seperti film.

4. Seni Musik

Seni musik hampir serupa dengan seni tari menjadi suatu seni budaya yang tidak dapat terlepas dari keberadaan suatu masyarakat. Makna dari seni musik sendiri merupakan kombinasi dari penggunaan irama, harmoni, melodi, tempo beserta instrumen yang dapat menghasilkan seni musik. Seni musik terus mengalami perkembangan dari satu generasi dan diwariskan ke generasi berikutnya.

Seni musik sendiri dapat dibedakan menjadi musik tradisional, musik klasik dan musik populer. Musik populer adalah jenis musik yang banyak dihasilkan oleh musisi modern hari ini.

5. Seni Kriya

Seni kriya menurut maknanya adalah setiap seni yang dihasilkan dari kepandaian tangan seorang pengrajin yang di dalamnya terkandung aspek fungsional sekaligus seni. Seni kriya secara mudahnya dikenal sebagai kerajinan tangan yang bisa digunakan secara fungsional sekaligus memiliki aspek keindahan. Ada banyak jenis seni kriya seperti kerajinan batu, kulit, tekstil, kayu, logam dan keramik.

Baca juga:  Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Salah satu jenis seni kriya Indonesia yang mendunia adalah keris. Keris sendiri banyak digunakan oleh anggota kerajaan sebagai senjata atau pusaka yang dianggap suci.

Fungsi dari Seni Budaya

Fungsi Seni Budaya

Secara mudahnya, seni budaya mengandung dua macam fungsi yakni fungsi estetis dan juga fungsi praktis. Fungsi praktis, sesuai namanya menunjukkan bahwa karya seni yang dihasilkan tersebut dapat memenuhi kebutuhan manusia, atau mudahnya memiliki nilai fungsional. Contoh fungsional dari seni budaya misalnya pada seni kriya ukiran kayu masyarakat Jepara.

Ukiran kayu yang dihasilkan oleh masyarakat Jepara ini mengandung nilai keindahan namun juga dapat difungsikan. Kerajinan kayu jatinya mulai dari kursi hingga meja bahkan telah diekspor ke berbagai wilayah seluruh dunia hari ini.

Fungsi estetis berkaitan erat dengan keindahan yang diperoleh dari suatu seni budaya. Untuk itu fungsi estetis dapat memenuhi kebutuhan manusia yang berkaitan erat dengan hiasan-hiasan indah. Yang termasuk di dalam fungsi estetis pada seni budaya seperti patung, lukisan, arca dan sebagainya.

Fungsi seni budaya lainnya adalah sebagai bagian dari ritual keagamaan. Menurut adat masyarakat lampau, seni budaya umumnya seperti musik, tari, dan patung termasuk ke dalam elemen penting saat upacara adat keagamaan.

Pengertian seni budaya dapat dimaknai secara luas dan hadir dalam berbagai bentuk kesenian yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Salah satu seni budaya Indonesia yang telah diakui secara internasional oleh UNESCO adalah batik.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button