Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

Perbedaan Domain, Hosting, dan Server

Perbedaan Domain Hosting Server

Dalam dunia ini tentunya banyak istilah-istilah yang perlu dan wajib Anda ketahui. Seperti saat Anda akan memasuki dunia internet, seperti membangun sebuah website, Anda harus mengetahui banyak istilah mengenai website dan tentunya dunianya. Ketika Anda membangun sebuah website baru, Anda akan kenal dengan istilah baru seperti server, hosting, dan juga domain. Apa perbedaan domain, hosting dan server?

Istilah-istilah lainnya juga akan Anda temui. Anda harus mengenal semua istilah-istilah yang berhubungan dengan website agar Anda tidak kebingungan saat menemui hal-hal baru di dunia website Anda. Jika Anda tidak mengenal istilah tersebut, Anda tentu akan sangat kewalahan saat mengelola website, tentu hal tersebut tidak ingin terjadi bukan? Jangan sampai Anda tersesat di dunia website yang Anda kunjungi sendiri.

Tentunya akan ada banyak hal baru yang Anda temui dalam website, seperti domain, hosting dan server. Anda harus mengenal ketiganya secara spesifik dan detail agar lebih mudah dalam mengelola sebuah website dan berhubungan dengan jasa-jasa yang berkaitan dengan website tersebut. Banyak perbedaan domain, hosting dan server yang perlu Anda ketahui, berikut ulasannya.

 1. Domain

Apa itu domain? Sebenarnya apakah bedanya dengan alamat website? Anda kebingungan dengan hal ini? Domain sebenarnya adalah sebuah nama yang diberikan untuk dapat mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa membutuhkan penggunaan dari Internet Protocol atau IP, padahal biasanya IP menggunakan banyak angka yang tentunya akan sulit di hafal. Dalam dunia website atau internet, domain adalah aspek yang sangat penting.

Apa sebenarnya perbedaan domain, hosting dan server dari segi fungsi? Fungsi dari domain sendiri ialah sebagai alamat dari website yang akan memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka ingin ketahui. Domain dewasa ini semakin berkembang dan meningkat dari tahun ke tahunnya. Saat ini sudah ada ratusan juta domain yang teregistrasi dan terdaftar dari seluruh jaringan yang ada di dunia.

Baca juga:  Cara Bermain Mobile Legends di Server Luar Negeri

Anda tentu harus mengenal domain lebih dalam jika ingin berkecimpung dan mengelola dunia website. Ada banyak jenis dari domain yang biasanya paling banyak digunakan, kemudian tentunya ada juga tips untuk memilih nama domain yang efektif. 3 jenis domain yang sering digunakan ialah TLD, SLD dan TLD.

2. Hosting

Sekarang Anda tentu masih bertanya, secara spesifik, apa perbedaan domain, hosting dan server ketika membaca mengenai domain di paragraf sebelumnya. Hosting sendiri ialah tempat untuk meletakkan sebuah file yang ada di website. Mudahnya ialah, ibaratkan sebuah website milik Anda adalah sebuah bangunan yang disebut rumah, hosting adalah sebuah kavling tanah yang yang telah dipetak-petakan untuk membangun rumah Anda.

Kali ini akan dibicarakan mengenai fungsi dari hosting. Hosting sendiri memiliki fungsi sebagai tempat atau sebuah media untuk menyimpan segala file yang ada pada website Anda. Tujuannya ialah agar website milik Anda nantinya akan dapat di akses kapanpun dan dimanapun oleh siapapun itu. File-file yang ada dalam website, tentunya harus disimpan dalam sebuah hosting terbaik agar mencegah hilangnya data-data milik website Anda.

Perbedaan domain, hosting dan server? Untuk hosting sendiri, atau yang biasa disebut web hosting, Anda tentu harus menyewa serta membeli sebuah hosting dari penyedia jasa layanan yang ada di internet. Tentunya akan ada berbagai macam jenis fitur yang akan Anda dapatkan ketika menyewa sebuah web hosting.

Baca juga : Hosting murah Gratis Domain Cuma disini DomaiNesia

3. Server

Selanjutnya, penjelasan berikutnya ialah server. Apa itu server? Pertanyaan sama yang mungkin Anda akan layangkan. Server ialah sebuah sistem dari komputer yang akan menyediakan layanan tertentu dalam suatu jaringan komputer. Bukan hanya berbentuk sebuah perangkat lunak saja, server juga dapat berbentuk sebagai perangkat keras. Perangkat keras yaitu meliputi prosesor dan juga RAM yang akan menjalankan sebuah OS khusus.

Baca juga:  Kehilangan iPhone? Begini Cara Melacak iPhone dari Android

Apa sebenarnya perbedaan domain, hosting dan server ketika Anda membaca paragraf-paragraf di atas? Yap, fungsi dari server sendiri ialah untuk menjalankan sebuah perangkat lunak yang akan mengontrol akses untuk masuk ke dalam sebuah jaringan serta sumber daya yang ada di dalamnya. Sekarang Anda mulai mengenal server dengan lebih baik bukan? Tentu Anda juga harus mengetahui berbagai macam jenis server yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Server akan kembali bekerja ketika ada sebuah permintaan dari klien. Klien yang dimaksud disini ialah browser yang sering Anda gunakan seperti chrome, Mozilla firefox, safari, opera hingga internet explorer. Server nantinya akan segera merespon permintaan yang Anda ketikan agar Anda bisa mengakses sesuai kebutuhan.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda mengetahui dengan baik bukan apa sebenarnya perbedaan domain, hosting dan server secara spesifik? Yap, Anda memang perlu untuk mendalami ketiga istilah di atas untuk memperlancar kegiatan Anda dalam mengelola website Anda agar menjadi website unik, menarik dan tentunya berkualitas. Bagaimana? Pelajari lebih dalam mengenai ketiganya ya.

Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *