Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

Pengertian dan Fungsi Android System Webview, Apakah Boleh Dihapus?

Pengertian dan Fungsi Android System Webview

Jika kamu pengguna setia android, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama “Android System Webview” yang selalu hadir pada daftar aplikasi ketika melakukan pembaruan melalui Google Play Store. Dan pasti kamu juga terlintas dalam pikiran ingin mencopot dan menghapus aplikasi ini. Aplikasi bernama Android System Webview merupakan aplikasi penting yang hadir untuk android di versi dibawah Nougat.

Jika kamu menggunakan Android yang berjalan di Android Nougat atau diatasya, maka kamu tidak akan melihat aplikasi Android System Webview. Di android Nougat, Google telah memindahkan aplikasi Android System Webview ke tempat lain sehingga kamu tidak bisa melihatnya. Walaupun tidak terlihat, aplikasi ini sangat penting sehingga tetap ada di dalam sistem Android.

Pengertian dan Fungsi Android System Webview

Android System Webview bisa dibilang adalah versi kecil dari browser Chrome, yang mampu untuk membuka tautan di dalam aplikasi android, sehingga kamu tidak perlu meninggalkan aplikasi untuk membuka tautan.

Misalkan ketika kamu sedang mengklik tautan di suatu aplikasi, biasanya tampilan situs web tersebut akan terbuka tanpa meninggalkan aplikasi. Nah, disitulah aplikasi Android System Webview bekerja untuk membuka tautan di dalam aplikasi, seolah-olah aplikasi tersebut berfungsi sebagai browser.

Namun, tidak semua aplikasi mendukung  Android System Webview. Itulah sebabnya beberapa aplikasi saat membuka tautan akan otomatis membukanya melalui Chrome, bukan di dalam aplikasi itu sendiri.

Apakah Android System Webview Boleh Dihapus?

Jika kamu ingin mencopot Android System Webview pada android kamu, sebenarnya kamu hanya dapat menghapus pembaruan nya saja, bukan aplikasi nya. Dan itupun juga hanya dapat dilakukan di android dengan versi dibawah Nougat. Karena di android Nougat dan diatasnya, Google sudah menggabungkan aplikasi Android System Webview ke dalam Chrome sebagai aplikasi Webview.

Cara menghapus Android System Webview di android sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka Google Play Store > Kemudian tap pada ikon tiga garis yang berada di samping kiri layar > Selanjutnya tap pada Aplikasi & Game Saya -> Pergi ke tab menu Terinstal. Cari aplikasi tersebut di dalam daftar, tap aplikasi Android System Webview kemudian tap tombol uninstall.

Jika kamu menggunakan Android Nougat atau diatasnya, maka aman untuk menonaktifkan Android System Webview, tetapi jika kamu menggunakan versi yang lebih rendah dari android Nougat, cukup biarkan saja. Karena dengan menghapus Android System Webview sebenarnya hanyalah menghapus pembaruannya saja.

Apakah Aplikasi Android System Webview Penting pada Android?

Pada umunya pengguna android beralasan bahwa tidak tahu untuk apa aplikasi itu, sehingga menganggapnya aplikasi tersebut tidak berguna. Jika kamu tidak tahu apa fungsi dari aplikasi, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara kerja aplikasi tersebut. Karena jika kita sembarangan menghapus aplikasi di android, bisa saja bisa menebabkan penurunan kinerja pada android.

Android System Webview adalah aplikasi yang harus dimiliki, aplikasi ini tidak perlu untuk mengaktifkannya secara manual karena akan berjalan sendiri secara otomatis. Nah, lalu bagaimana pendapatmu tentang aplikasi bernama Android System Webview ini?

Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *