Semakin berjalannya zaman, kini android makin diberi keterbukaan untuk penyesuaian dengan keinginan kita. Hadirnya banyak fitur keren seperti custom rom, tweak, dan optimasi lainnya membuat kinjerja dan bahkan tampilan android lebih beda dari pada yang lain. Di antara semua fitur itu, yang paling diminati adalah file pihak ketiga yang berjalan di dalam android.

Custom rom biasanya dibuat oleh pengembang android atau bahkan penggemar setia dari android yang ingin menampilkan tampilan yang berbeda. Karena custom rom tidak dibuat oleh official merek android, maka tidak dipungkiri masih terdapat bug yang ada di custom rom. Karena adanya bug pada custom rom, maka Xposed Framework akan sangat berperan.

Apa itu Xposed Framework

Xposed Framework adalah sebuah Framework untuk Android yang sudah di root. Dengan mengguanakan Xposed Framework akan memudahkan untuk banyak penyesuaian tampilan dan memodifikasi android tanpa flash custom rom. Melakukan perubahan dalam sistem dan memodifikasinya dengan mudah tanpa harus takut kegagalan flashinf. Xposed Framework juga dapat meningkatkan kinerja android dan menyesuaikan fungsi dalam sistem.

Cukup dengan memasang aplikasi bernama Xposed Framework, kamu dapat melakukan banyak hal di android. Splikasi ini dapat digunakan untuk memasang dan menginstal aplikasi / mod dari sumber lain.

Perhatikan ini Sebelum Install Xposed Framework

Sebelum memasang Xposed Framework, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelumnya.

  1. Backup file di android kamu agar tetap aman jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Walaupun sangat jarang ditemukan kegagalan saat proses install Xposed Framework di android, namun disarankan agar melakukan backup android.
  2. Periksa versi Android. Pada umumnya link Xposed Framework akan menyertakan spesifikasi android yang mampu menjalankan Xposed Framework. Cobalah untuk melihat android kamu di pengaturan.
  3. Bagi kamu yang masih menggunakan Android 4.03 hingga 4.4, untuk menginstal Xposed Framework, kamu harus melakukan root pada android kamu. Untuk melakukan root android, kamu dapat memasang sebuah aplikasi bernama KingoRoot. Cukup dengan satu klik tombol Root, android kamu sudah dapat di root dengan sukses. Setelah android sudah dalam keadaan root, kamu sudah dapat install Xposed Framework.
Baca juga:  Cara Memutar Video YouTube di Latar Belakang Android

Cara Pasang / Install XPosed Framework

Berikut di bawah ini adalah cara install Xposed Framework.

1. Pertama, untuk Android 5.0 atau lebih tinggi, kamu harus mendownload file apk menggunakan link download ini. Pilih pada file apk paling terbaru, klik dan download. Dan untuk versi yang lainnya bisa kamu cek melalui link ini.

2. Kamu harus mendownload file dari link diatas karena file  Xposed Framework tidak terdapat di Google Play. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan penginstalan dari sumber tidak dikenal dengan membuka Pengaturan android, lalu Keamanan, kemudian centang opsi yang mengatakan “Sumber Tidak Dikenal”.

3. Buka aplikasi Xposed Framework saat proses install sudah selesai, kemudian pergi ke bagian “Framework”.  Klik Instal / Perbarui untuk memulai instalasi.

4. Jika muncul sebuah pesan peringatan, klik OK saja. Namun, perlu disarankan sekali lagi agar tidak lupa untuk backup file di dalam android jika dirasa penting.

5. Setelah itu, Izinkan akses ke KingoRoot untuk izin root dan klik OK saat diminta restart / reboot android.

Jika android sudah hidup kembali, artinya kamu baru saja berhasil memasang Xposed Framework di Android milik kamu. Kamu juga dapat menghapus Xposed Framework, sama seperti aplikasi android pada umumnya. Setelah sudah sukses memasang Xposed Framework apa selanjutnya? Tentu saja memasang Module sesuai keinginan kamu.

Apa itu Module pada Xposed Framework?

Xposed Framework sebenarnya hanyalah sebuah tempat kerja, dan module inilah sebuah fungsi yang dapat berjalan di tempat kerja bernama Xposed Framework. Module adalah hanya sebuah file .apk yang dapat banyak kamu temukan di internet. Module digunakan untuk menyesuaikan tampilan dan fungsi melalui Xposed Framework dan merupakan inti terpenting untuk menjalankan sesuai kebutuhan.

Baca juga:  Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri Dengan Foto Sendiri

Cara Install Module di Xposed Framework

Ada banyak sekali sumber di internet yang dapat kamu temukan untuk mendapatkan Module Xposed Framework. Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja module Xposed Framework, kamu dapat mengunjungi repositori Xposed. dan untuk daftar module paling lengkap, kamu bisa memeriksanya di forum XDA Xposed Framework.

Dan berikut di bawah ini adalah tutorial memasang Module di Xposed Framework:

1. Pertama, Buka aplikasi Xposed Installer dan buka pada bagian “Download”. Gunakan fungsi pencarian untuk memduahkan menemukan daftar module yang tersedia.

2. Setelah kamu sudah menemukan module, pastikan untuk membaca deskripsi karena banyak modul mengharuskan agar berjalan versi stok Android. Dan pastikan juga versi android kamu sudah didukung

3. Proses download dan pemasangan tidak memerlukan waktu yang lama. Kemudian pada tampilan berikutnya setelah download, akan muncul sebuah konfirmasi pemasangan lalu klik tombol Instal.

4. Setelah module sudah dipasang dan kamu harus membuka aplikasi module. Kamu harus mengaktidkan module tersebut agar dapat berjalan di android.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Module Xposed Framework

Setelah module di download, kamu bebas untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Untuk cara nya ikuti tutorial di bawah ini:

  1. Buka bagian “Module” dari layar utama aplikasi Xposed Installer.
  2. Untuk mengaktifkan module, centang kotak di sebelah kanan.
  3. Tanda centang akan muncul di kotak jika module telah diaktifkan.
  4. Untuk menonaktifkannya, pastikan centang di hapus.
  5. Setiap selesai mengatur proses aktivasi module, kamu harus restrat / rebooot android agar pengaturan bisa diterapkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here