Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

Cara Memperbaiki Mobil Tidak Bisa Di Starter

Mobil yang tidak bisa di starter bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Namun, sebelum membawa mobil ke bengkel atau memanggil mekanik, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sendiri untuk memperbaiki masalah ini. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki mobil yang tidak bisa di starter.

Cek Baterai Mobil

Baterai mobil yang lemah atau habis bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa di starter. Cek apakah lampu-lampu di mobil menyala dengan normal atau tidak. Jika tidak, kemungkinan besar baterai mobil memang sudah habis. Coba ganti baterai mobil dengan yang baru atau coba charging dengan menggunakan charger baterai mobil.

Cek Kabel dan Terminal Aki

Kabel dan terminal aki yang kotor atau kendor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa di starter. Coba bersihkan kabel dan terminal aki dengan sikat atau kain bersih, pastikan juga kabel dan terminal aki terpasang dengan baik.

Cek Starter Motor

Starter motor yang rusak atau mati bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa di starter. Coba dengarkan bunyi yang terdengar ketika kunci starter ditekan. Jika tidak terdengar bunyi apapun, kemungkinan besar starter motor memang sudah rusak. Bawa mobil ke bengkel untuk memperbaiki starter motor.

Cek Alternator

Alternator yang rusak atau mati bisa menyebabkan baterai mobil tidak terisi dengan baik. Jika baterai mobil tidak terisi dengan baik, kemungkinan besar mobil tidak bisa di starter. Coba periksa juga apakah lampu indikator di dashboard menyala dengan normal atau tidak. Jika tidak, kemungkinan besar alternator memang sudah rusak. Bawa mobil ke bengkel untuk memperbaiki alternator.

Cek Fuel Pump

Fuel pump yang rusak atau mati bisa menyebabkan mobil tidak bisa di starter. Coba dengarkan bunyi yang terdengar ketika kunci starter ditekan. Jika terdengar bunyi yang berulang-ulang seperti ‘whirring’, kemungkinan besar fuel pump memang sudah rusak. Bawa mobil ke bengkel untuk memperbaiki fuel pump.

Cek Ignition System

Ignition system yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa di starter. Coba periksa apakah kunci starter berputar dengan baik atau tidak. Jika kunci starter berputar dengan baik, kemungkinan besar ignition system memang sudah rusak. Bawa mobil ke bengkel untuk memperbaiki ignition system.

Cek Fuse

Fuse yang rusak bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa di starter. Coba periksa fuse box di mobil dan cek apakah ada fuse yang sudah rusak atau putus. Ganti dengan fuse yang baru jika ditemukan fuse yang rusak.

FAQs

  • Q: Apa yang harus dilakukan jika mobil masih tidak bisa di starter setelah melakukan semua cara di atas?
    A: Bawa mobil ke bengkel atau panggil mekanik untuk memperbaiki masalah tersebut.
  • Q: Apakah perlu membawa mobil ke bengkel jika hanya baterai mobil yang habis?
    A: Tidak perlu, karena baterai mobil bisa diganti dengan yang baru atau di charging dengan menggunakan charger baterai mobil.
  • Q: Apakah harus mengganti semua kabel jika hanya satu kabel yang kendor atau kotor?
    A: Tidak perlu, cukup bersihkan kabel dan terminal aki yang kotor atau kendor, dan pastikan kabel dan terminal aki terpasang dengan baik.
  • Q: Apakah harus memperbaiki semua komponen jika lebih dari satu komponen yang rusak?
    A: Tidak perlu, karena mekanik biasanya akan memperbaiki satu komponen terlebih dahulu sebelum memperbaiki komponen lainnya.
  • Q: Apakah harus membawa mobil ke bengkel resmi?
    A: Tidak perlu, asalkan mekanik yang dipilih memiliki reputasi yang baik dan terpercaya.
Silvia Seorang pelajar yang hobi menulis mengenai teknologi dan pendidikan serta ingin caradasar.com menjadi blog yang bermanfaat untuk masyarakat di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.